AUDIENSI REKOGNISI PEMBELAJARAN LAMPAU (RPL) DESA BERSAMA POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA (PKN) STAN DI KEMENTERIAN DESA PDTT


Jakarta, BPSDM PMDDTT. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (BPSDM-PMDDTT) Kementerian Desa PDTT menerima dengan baik tim Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN untuk melakukan audiensi berkenaan dengan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Desa (7/10/22). Audiensi yang dilakukan di Ruang Rapat Utama Gedung A Lantai 3 Kementerian Desa PDTT ini bertujuan untuk mewujudkan akselerasi pendidikan yang merata di wilayah desa agar masyarakat dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan mengenai pengelolaan desa.


Dalam audiensi ini, Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN dipimpin oleh Evy Mulyani, Ph.D selaku Wakil Direktur Bidang Akademik PKN STAN bersama Kepala Program Studi Manajemen Keuangan Negara, Dr. Budi Mulyana, S.E., M.Si; Sekretaris Program Studi D4 Manajemen Keuangan Negara, Masruri Muchtar, S.E., M.Sc; dan Dosen Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN, Dani Sugiri, S.E., S.S.T., M.Ak.


Sementara itu, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi diwakili oleh Dr. Fujiartanto, S.IP., MM, M.Si, MA selaku Plt. Sekretaris BPSDM dan Pemberdayaan Masyarakat Desa DTT bersama Kepala Pusat Pelatihan Pegawai Aparatur Sipil Negara, Drs. Mulyadin Malik, M.Si; Plt. Kepala Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional, Agus Wicaksono, S.Kom, M.Si; Kepala Bagian Umum dan Rumah Tangga, Komala Ratna Sari, S.T; Koordinator Pembinaan Hukum, Organisasi dan Tata Laksana dan Reformasi Birokrasi, Teuku Elwin Hamzah, S.H; dan Koordinator Pengelolaan Urusan Kepegawaian dan Persuratan, Dra. Ratih Widyastuti, MM.


Wakil Direktur Bidang Akademik Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN menyampaikan bahwa program RPL Desa merupakan program Kementerian Desa PDTT yang sesuai dengan semangat PKN STAN dalam melakukan akselerasi pendidikan yang merata di wilayah desa guna meningkatkan keterampilan dan pengetahuan masyarakat mengenai pengelolaan desa, khususnya terkait pengelolaan keuangan Negara. 


Dr. Budi Mulyana, S.E., M.Si selaku Kepala Program Studi D4 Manajemen Keuangan Negara PKN STAN juga menambahkan, “Program studi D4 Manajemen Keuangan Negara merupakan program studi yang related dengan program RPL Desa, sehingga lulusannya akan memiliki kompetensi yang baik dalam pengelolaan anggaran Negara, baik APBD maupun APBDesa.”


Kementerian Desa PDTT mengapresiasi kedatangan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN untuk melakukan audiensi dan diskusi berkenaan dengan RPL Desa. Plt. Sekretaris BPSDM dan Pemberdayaan Masyarakat Desa DTT, Dr. Fujiartanto, S.IP, MM, M.Si, MA menyampaikan bahwa pengelolaan keuangan merupakan urgensi dan berkaitan erat dengan pengelolaan dana desa, seperti BUMDes. Dengan kerjasama ini, diharapkan dapat mendukung terwujudnya penguatan kapasitas masyarakat desa dalam mendapatkan pengetahuan dan keterampilan tentang pengelolaan keuangan desa secara lebih spesifik.


“Kementerian Desa PDTT akan turut serta menyiapkan data terkait penyusunan materi yang berkaitan dengan desa untuk menjamin kualitas mutu akademik. Selain itu, Kementerian Desa PDTT juga akan turut berperan sebagai dosen tamu atau penguji dalam pelaksanaan program RPL Desa.” Tambah Dr. Fujiartanto, S.IP, MM, M.Si, MA.


Di akhir audiensi, Dr. Fujiartanto, S.IP, MM, M.Si, MA menyampaikan bahwa RPL bukan sekedar cara mudah untuk mendapatkan ijazah, melainkan cara lain yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kualitas SDM, sehingga program RPL akan tetap dilaksanakan dengan selektif untuk menjaga kualitas dan mutu perguruan tinggi.


Audiensi berlangsung secara menarik dengan diskusi mengenai rencana tindak lanjut program RPL Desa di Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN dengan harapan program RPL ini dapat segera diimplementasikan di tahun akademik berikutnya.