Peninjauan dan peresmian Badan usaha milik desa (Bumdesma) Guci Seroja

  Senin, 04 April 2022

LUMAJANG, BPSDM – Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd. mendampingi Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Dr. (HC) Drs. A. Halim Iskandar, M.Pd dalam kunjungan kerja (1/4/22) ke Dusun Krajan, Desa Bedayutalang, Kec. Senduro, Kab. Lumajang. Gus Menteri melakukan peninjauan dan peresmian Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA) “Guci Seroja”. 

Warga sangat antusias dalam menyambut kedatangan Gus Menteri beserta rombongan di depan BUMDESMA Guci Seroja. Anak-anak berbaris rapi dan ceria dengan membawa miniatur bendera merah putih di tangannya. Pertunjukan Reog tersaji Ketika Gus Menteri turun dari mobil dan menghampiri sajian makanan produk desa yang telah disediakan panitia. 

Turut hadir juga Bupati Lumajang, H. Thoriqul Haq, S.Ag, MML, dan jajarannya pada acara yang diselenggarakan di tengah perkebunan tebu tersebut. Dalam sambutannya,  Bupati menyampaikan bahwa, “Acara pada pagi ini sebagai faktualisasi BUMDESMA dan sistem permodalan antardesa.” Bupati Lumajang yang akrab disapa Cak Thoriq tersebut menjelaskan, “BUMDESMA Guci Seroja merupakan kandang terpadu yang berusaha memastikan ternak aman, terkelola dengan baik dan kesehatannya terpantau oleh Dinas Kesehatan.”

“Kedatangan Gus Menteri sebagai wujud perhatian dan kasih sayang kepada masyarakat desa.” Lanjut Cak Thoriq.

Sementara itu, Gus Menteri mengawali sambutannya dengan menyapa seluruh peserta khususnya para pendamping desa selaku anak kandung Kementerian Desa. Seakan menjawab pujian Pak Bupati, Gus Menteri menjelaskan bahwa tujuan utamanya kesini selain meresmikan BUMDESMA adalah mendorong Pak Bupati untuk memberikan beasiswa pada perangkat desa berupa program RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau), pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal atau nonformal atau informal, dan/atau pengalaman kerja ke dalam pendidikan formal selama 4 semester. RPL merupakan salah satu program kerja Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Desa PDTT yang saat ini dikepalai oleh Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd.

“BUMDESMA menyesuaikan dengan potensi desa, keberadaannya diharapkan mampu menaikkan skala ekonomi agar lebih makro, tidak terbatas dan ebih dari satu desa, serta tidak dibatasi zonasi,” jelas Gus Menteri.

Lebih lanjut Gus Menteri memaparkan bahwa,”BUMDESMA menyongsong ketahanan pangan nabati dan hewani pasca pandemi covid, pengurangan impor, dan saat ini masih terdapat 7 titik pilot yang bekerja sama dengan anak BUMN.”

Acara diresmikan dengan pembukaan gerbang BUMDESMA oleh Gus Menteri dan penandatanganan prasasti. Para undangan berfoto bersama Gus Menteri sebagai akhir dari rangkain acara pada pagi ini.