Pelatihan inpassing jabatan fungsional PSM

  Selasa, 05 April 2022

JAKARTA, BPSDM - Pusat Pelatihan Pegawai Aparatur Sipil Negara (Puslat Pegawai ASN) Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menyelenggarakan “Pelatihan Inpassing Jabatan Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat Angkatan III & IV” (04/04/2022). Kegiatan ini menghadirkan 34 PSM (Penggerak Swadaya Masyarakat) dari beberapa satuan kerja dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Indonesia. Acara dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Desa PDTT, Taufik Madjid, S.Sos., M.Si. Turut hadir Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd. dan Kepala Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional, Dr. Drs. Hasman Maani, M.Si. 

Kepala Puslat Pegawai ASN, Dr. Drs. Mulyadin Malik, M.Si menyampaikan, “Pada saat ini total Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) yang ada sejumlah 1012 orang, ke depannya akan semakin bertambah hingga 15.000-17.000 PSM yang ada di seluruh Indonesia.” 

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kemendesa PDTT, Taufik Madjid, S.Sos., M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan pelatihan ini adalah agar PSM memiliki keterampilan teknis, manajerial dan sosial budaya terkait pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa.

“PSM yang ada saat ini akan terus bertambah dan perlu untuk terus mengasah diri serta meningkatkan kapasitas diri. Acara yang dilaksanakan secara luring ini akan berjalan selama 2 minggu. Diharapkan bahwa PSM yang ada bisa memberikan pendampingan, pelatihan, dan penyuluhan kepada masyarakat.” Jelas Sekjen Kemendesa PDTT.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan janji peserta oleh perwakilan peserta dan diakhiri dengan pembacan doa. (Sabar)